Monday, April 11, 2011

Manfaat dari Latihan Kardio

Apa sih latihan kardio itu? Bagi penggemar fitnes atau pencinta olahraga tentunya tidak aneh mendengar istilah ini tapi mungkin bagi orang awam masih belum banyak yang mengenal istilah latihan kardio ini.
Latihan kardio merupakan semua gerakan yang dilakukan dengan tujuan membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Latihan kardio ini biasa digunakan untuk membakar kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh. Beberapa yang termasuk latihan kardio antara lain jalan cepat, lari, bersepeda dan lain sebagainya.
Alasan untuk membakar lemak itu hanya sebagian kecil dari manfaat latihan kardio. Banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari latihan kardio ini antara lain:
1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jantung merupakan organ vital manusia yang selalu bekerja nonstop tanpa berhenti. Jantung juga terdiri dari otot seperti otot lain di dalam tubuh, sehingga jantung harus selalu dalam kondisi kuat untuk melakukan pekerjaannya untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Latihan kardio bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Dengan latihan kardio jantung terlatih dengan baik dan mampu memompa darah keseluruh bagian tubuh dengan baik.
2. Meningkatkan metabolisme
Dengan peningkatan detak jantung, latihan kardio juga menyebabkan peningkatan metabolisme di dalam tubuh. Semakin cepat metabolisme tubuh, maka semakin mudah bagi anda menjaga berat badan ideal anda atau menurunkan berat badan.
3. Meningkatkan profil hormonal
Latihan kardio bisa merangsang hormon yang menimbulkan “rasa senang” sehingga dapat mengurangi gejala stress dan kelelahan. Latihan ini bisa pula merangsang hormon untuk menurunkan nafsu makan.
4. Mempercepat proses pemulihan
Latihan kardio dapat mempercepat proses pemulihan dan membantu mengedarkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke otot untuk mempercepat proses perbaikan dan pembentukan jaringan otot baru.
5. Membantu pengelolaan diabetes
Latihan fisik berupa latihan kardio pada penderita diabetes akan meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan glukosa sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.
Itulah berapa manfaat dari latihan kardio, ayo mulai dari sekarang untuk menjadikan diri kita sehat.

Sumber : gayahidupsehat.org
Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"