Sunday, May 15, 2011

Definisi Reaksi Fusi - Fisi

Definisi reaksi fusi adalah reaksi penggabungan beberapa inti ringan, disertai pengeluaran energy yang sangat besar. Proses ini merupakan kebalikan dari fisi, tetapi hasil terakhir sama yaitu energy yang dahsyat.

Perbedaan fisi dan fusi adalah pada prosesnya. Pada fisi, atom berat terbelah menjadi dua, sebaliknya pada fusi, atom ringan bergabung menjadi satu.

Dalam hal ini (fusi) yang berperan sebagai hydrogen. Jika dua atom hydrogen digabung akan menghasilikan unsure lain yaitu helium dan energy yang besar. Namun, untuk menggabungkan dua unsure hydrogen sangatlah sulit, karena adanya gaya ikat inti (elektrostatik). Oleh karenanya satu-satunya jalan adalah memanasinya lebih dahulu agar inti atom terpisah dari electron yang mengelilingnya.


Energi yang dilepas di banyak reaksi nuklir lebih besar dari reaksi kimia, karena energi pengikat yang mengelem kedua inti atom jauh lebih besar dari energi yang menahan elektron ke inti atom. Contoh, energi ionisasi yang diperoleh dari penambahan elektron ke hidrogen adalah 13.6 elektronvolt -- lebih kecil satu per sejuta dari 17 MeV yang dilepas oleh reaksi D-T seperti gambar di samping.
Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"