Friday, April 29, 2011

Kombinasi Silybin, Phophatidylcholine Dan Vitamin E Memperbaiki Perlamakan Hati


Hasil dari suatu penelitian terbaru menunjukkan manfaat pemberian silymarin dimana kali ini dikombinasi dengan vitamin E yang ditujukan pada penanganan kasus perlemakan hati non alkoholik (NAFLD=non alcoholic fatty liver disease), dan telah dipresentasikan dalam kongres EASL 2011 (European Association for the Study of the Liver) pada bulan April ini.
Penelitian ini dengan skala multisenter, acak tersamar ganda dengan kontrol plasebo yang dilakukan di Italia ini, sejumlah 138 pasien yang secara pemeriksaan histologi terdeteksi mennderita NAFLD (36 pasien juga mengidap HIV) diberikan terapi 300 mg silymarin yang dikombinasikan dengan 45 IU vitamin E per harinya. Silymarin yang digunakan adalah silymarin yang dikonjugasi dengan fosfatidilkolin seperti halnya jenis silymarin yang ada dalam kandungan Hepamax (silymarin phytosome).
Kadar AST, ALT, ∂GT, tes HOMA, pemeriksaan USG, kadar sitokin (TNF-α, IL-10 dan TGFß), penanda fibrosis (Matrix Metalloproteinase /MMP2, Tissue Inhibitor Metalloproteinase (TIMP) 1 dan 2, asam hialuronat, prokolagen I dan III) dilakukan pada awal sebelum terapi dilakukan dan pada bulan ke 12. Setelah bulan ke 12 dapat dilihat bahwa: (1) Pada kelompok yang mendapatkan terapi silymarin+vit E secara nyata (p<0,001) waktu yang dibutuhkan dan jumlah kunjungan ke rumah sakit memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan kelompok plasebo.(2) Selain itu perbaikan pada kadar ∂GT awal dan bulan ke 12 pada kelompok silymarin juga lebih baik secara bermakna (p=0,0002), sedangkan pada plasebo tidak dijumpai perbedaan yang berarti (p=0,62), sedangkan untuk perbandingan kedua kelompok pada akhir penelitian terlihat bahwa kelompok silymarin+vit E lebih baik dibandingkan plasebo (p=0,03). (3) Tes HOMA juga nyata terlihat membaik (p<0,05) pada kelompok silymarin. (4) Kadar sitokin dan penanda fibrosis tidak dijumpai perubahan, akan tetapi pada pasien NAFLD dengan infeksi HIV terjadi penurunan MMP2 (p=0,02) dan TGFß (p=0,004).
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi pemberian silymarin plus vitamin E memilki manfaat dalam manajemen kasus NAFLD yaitu dalam hal memperbaiki resistensi insulin yang sering kali dijumpai pada perlemakan hati, mempercepat hasil terapi, menurunkan enzim hati dan menghambat faktor yang berperan dalam kehancuran sel hati.
Sumber : Kalbe.co.id
Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"