Saturday, April 2, 2011

Cara Sikat Gigi Yang Benar


Gigi merupakan salah satu bagian tubuh kita yang apabila sakit maka seluruh bagian tubuh yang lain akan merasakan sakit juga. Dunia tidak lagi indah klo lagi sakit gigi :D , makan tak enak dan tidur pun tak nyenyak, begitu deritanya orang yang sakit gigi.

Tentunya mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, begitu juga dengan gigi, sebelum terjadi kerusakan atau masalah dengan gigi kita harus selalu berusaha merawatnya dengan baik dan benar, salah satunya dengan menyikat gigi yang benar. Bagaimana sih cara sikat gigi yang benar?

  1. Sebaiknya pilih sikat dengan bulu sikat yang soft, bulu sikat yang keras akan melukai gigi dan mengkikis gigi. Tak perlu penekanan yang berlebihan pada saat menyikat gigi.
  2. Seluruh permukaan gigi harus tersikat tanpa kecuali. Gerakkan sikat gigi dengan arah vertikal dengan sedikit memutar pada bagian permukaan gigi bagian depan. Jika anda kesulitan untuk melakukan gerakan ini berarti mungkin sikat gigi anda terlalu besar, gantilah sikat gigi anda dengan kepala sikat yang lebih kecil sehingga bisa menjangkau bagian gigi paling belakang.
  3. Menurut literatur yang ada dibutuhkan waktu kurang lebih 3 menit untuk membersihkan gigi dan menyikat semua bakteri yang merugikan.
  4. Sikat gigi anda minimal 2 kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur.
  5. Selain gigi, lidahpun perlu disikat. Bisa menggunakan sikat gigi biasa atau produk sikat gigi yang memiliki bagian khusus untuk menyikat lidah.
  6. Anda bisa menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi.
  7. Periksalah secara rutin gigi anda ke dokter gigi untuk mendeteksi dini apabila itemukan kondisi yang memerlukan perawatan sehingga tidak terlanjur parah

Semoga bermanfaat.

Sumber : gayahidupsehat.org

Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"