Wednesday, March 9, 2011

Kuku Jempol Kaki Ramal Kanker Paru-Paru


Dengan melihat kuku jempol kaki, ilmuwan bisa memprediksi kanker paru-paru bertahun-tahun sebelum kanker itu mulai berkembang.

Kadar nikotin dapat ditemukan di kuku jempol kaki. Pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of San Diego, California, kuku dengan kadar nikotin tertinggi berpotensi 3,5 kali lebih besar terkena kanker paru-paru ketimbang kuku dengan kadar nikotin terendah. "Kuku jempol kaki tumbuh dengan lambat, 1 sentimeter per tahun. Informasi penting mengenai kebiasaan merokok tersimpan di situ," jelas peneliti.

Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology ini juga menyebutkan bahwa kuku jempol kaki tidak hanya memprediksi risiko kanker paru-paru pada prokok, tapi juga pada orang-orang yang tidak merokok. Artinya, risiko para perokok pasif pun bisa diukur.

Para peneliti meminta 850 pria secara berkala mengumpulkan potongan kuku jempol kaki mereka. Penelitian diawali pada tahun 1987 dan berlangsung selama 12 tahun. Hasil analisis mereka memperkirakan kalau orang dengan kadar nikotin tertinggi pada kuku 3,5 kali lebih berisiko kanker paru-paru 12 tahun kemudian.

Gawatnya, para peneliti mendapati 10 persen dari seluruh pria dengan kadar nikotin tinggi ternyata tidak pernah merokok. Para peneliti menyimpulkan kalau mereka adalah perokok pasif. (Sumber: MailOnline)
reff : nationalgeographic.co.id
Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"