Wednesday, April 13, 2011

Mengapa Mulut Kita Tetap Bau?

Mengapa Mulut Kita Tetap Bau?


bau mulut

Perasaan kita sudah rajin menyikat gigi, tapi mengapa mulut kita tetap berbau tidak enak atau istilah kerennya :D Halitosis? Tentunya dengan kondisi mulut bau tersebut akan mengganggu proses komunikasi atau bahkan mengganggu hubungan kita dengan orang lain. Tidak menyenangkan bukan?

Beberapa hal yang menyebabkan mulut kita tetap bau antara lain:


1. Kebanyakan orang tidak menyikat giginya pada malam hari sebelum tidur


Benar bahwa kebanyakan orang sudah menyikat giginya 2 kali sehari, namun biasanyanya dilakukan pada saat mandi pagi dan mandi sore, bagaimana dengan sisa-sisa makan malam? Tentunya akan melekat di gigi waktu kita tidur dan sampai kita menggosok gigi pada pagi harinya. Padahal pada malam hari produksi air liur yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi akan berkurang. Lama kelamaan akan terbentuk plak dan membentuk karang gigi yang menyebabkan mulut bau. Oleh karena itu sikat gigi yang terbaik dilakukan setelah makan, atau pagi hari dan malam hari sebelum tidur.


2. Sikat gigi dilakukan dengan cara yang salah


Banyak yang menyikat gigi secara sembarangan, hanya bagian depan saja atau sebagian belakang saja, padahal banyak bagian-bagian gigi yang agak sulit dibersihkan, biasanya bagian belakang. Apabila bagian tersebut tidak pernah dibersihkan akan mengakibatkan menumpuknya plak dan akan menjadi karang gigi yang menyebabkan bau mulut.


3. Mengunyah hanya pada satu sisi mulut saja


Gerakan mengunyah akan merangsang produksi air liur yang bermanfaat membilas sisa-sisa makanan. Jika hanya mengunyah makanan pada satu sisi saja maka produksi air liur hanya pada bagian yang mengunyah saja sedangkan sisi yang lain tidak. Maka plak akan menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi.


4. Lidah kotor karena tidak pernah ikut disikat


Permukaan lidah yang tidak rata dapat menyimpan kotoran dan bergabung dengan bakteri yang menghasilkan gas sulfur, yang merupakan sumber bau mulut.


5. Gigi berlubang dan dibiarkan tidak dirawat


Gigi yang berlubang akan menjebak makanan terperangkap di dalamnya. Jika ini tidak dibersihkan, makanan akan membusuk dengan adanya bakteri dan mengeluarkan gas sulfur penyebab bau mulut selain itu anda akan merasakan sakit gigi yang begitu hebat.


6. Makanan sering tersangkut di sela gigi dan tidak dibersihkan


Pada kondisi tertentu, ada beberapa tempat dimana makanan sering tersangkut terutama saat sedang makan daging-dagingan. Jika hal ini terus terjadi dan tidak dibersihkan dengan baik, dapat menjadi lubang gigi pada daerah tersebut.



Artikel Mengapa Mulut Kita Tetap Bau? ini dipersembahkan oleh gayahidupsehat.org

Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"