Thursday, November 18, 2010

Natrium Klorida

Natrium klorida, dikenal juga sebagai garam, garam dapur, garam meja, atau garam karang , merupakan senyawa ionik dengan rumus NaCl . Natrium klorida adalah garam yang paling bertanggung jawab atas salinitas dari laut dan dari cairan ekstraselular dari multisel banyak organisme . Sebagai bahan utama dalam garam yang dapat dimakan ini , biasanya digunakan sebagai bumbu dan makanan pengawet .



Garam saat ini diproduksi secara massal oleh penguapan dari air laut atau air asin dari sumber lainnya, seperti sumur air garam dan danau garam , dan pertambangan garam batu, disebut garam karang . Pada tahun 2002, produksi dunia diperkirakan 210.000.000 ton metrik , lima besar produsen (dalam juta ton) menjadi Amerika Serikat (40,3), Cina (32,9), Jerman (17,7), India (14,5) dan Kanada (12,3).

Garam ini akrab sekali digunakan sehari hari seperti untuk memasak , garam digunakan dalam berbagai aplikasi, dari industri pulp dan kertas, untuk pengaturan pewarna pada tekstil dan kain, untuk memproduksi sabun , deterjen , dan produk-produk mandi lainnya. Ini adalah sumber utama klorin industri dan natrium hidroksida , dan digunakan dalam hampir setiap industri.

Natrium klorida kadang-kadang digunakan sebagai pengering yang murah dan aman karena sifatnya yang higroskopis, efektif untuk membuat pengawetan makanan metoda pengasinan, seperti menarik air dari bakteri melalui tekanan osmotik mencegah mereka dari reproduksi yang menyebabkan makanan dirusak. Meskipun desiccants yang tersedia lebih efektif, hanya sedikit yang aman bagi manusia untuk ditelan.

Banyak mikroorganisme tidak dapat hidup dalam lingkungan yang terlalu asin: air mereka ditarik keluar dari sel dengan osmosis . Untuk alasan ini garam digunakan untuk mengawetkan beberapa makanan, seperti daging asap atau ikan. Hal ini juga dapat digunakan untuk melepaskan lintah yang melekat sendiri. garam ini juga digunakan untuk membasmi kuman luka.

Kristal murni NaCl adalah senyawa optik dengan berbagai macam transmisi dari 200 nm sampai 20 μm. Ini sering digunakan dalam rentang spektrum inframerah dan kadang-kadang masih digunakan. Saat ini kristal seperti selenide seng (ZnSe) yang digunakan sebagai pengganti NaCl (untuk rentang spektrum IR).



Natrium klorida membentuk kristal dengan wajah-berpusat kubik simetri . Dalam hal ini, semakin besar klorida ion , ditunjukkan di sebelah kanan sebagai bola berwarna hijau, disusun dalam kubik close-packing , sementara yang lebih kecil natrium ion, ditunjukkan di sebelah kanan sebagai bola perak, mengisi semua celah kubik di antara mereka. Setiap ion dikelilingi oleh enam ion dari jenis lainnya; ion sekitarnya terletak pada titik dari reguler segi delapan .

Struktur dasar yang sama ditemukan dalam banyak mineral dan umumnya dikenal sebagai garam karang atau struktur kristal garam batu. Hal ini dapat digambarkan sebagai wajah-berpusat kubik (fcc) kisi dengan dasar dua atom. Atom pertama terletak pada setiap titik kisi, dan atom kedua terletak setengah jalan antara titik kisi di sepanjang tepi sel satuan fcc.

Hal ini dilakukan bersama oleh ikatan ion yang dihasilkan oleh gaya elektrostatik timbul dari perbedaan muatan antara ion-ion.

Sumber : www.wikipedia.co.id
Related Posts Widget for Blogger

No comments:

Post a Comment

did not find what you were looking for? try "search article"