Laman

Wednesday, January 12, 2011

Penentuan Tegangan Permukaan Cairan

I.TUJUAN

Menentukan tegangan muka suatu cairan secara relatif dengan air sebagai zat pembanding. Menentukan pengaruh konsentrasi solout terhadap tegangan muka dan adsorbsi solut pada permukaan larutan.

II.LANDASAN TEORI


Molekul-molekul cairan yang berada dibagian fase cairan seluruhnya akan dikelilingi oleh molekul-molekul dengan gaya tarik-menarik yang sama ke segala arah sehingga resultan gaya sama dengan nol lain halnya dengan molekul-molekul cairan pada permukaan. Molekul-molekul itu disebelah bawah dikelilingi oleh molekul-molekul cairan sedangkan dibagian atas oleh molekul-molekul dan fasa uap sehingga gaya tarik kebawah lebih besar dari gaya tarik keatas. Hal ini menimbulkan sifat kecenderungan untuk memperkecil luas permukaan. Besar gaya yang bekerja tegak lurus pada satu satuan panjang permukaan disebut tegangan muka, yang dapat dinyatakan dengan satuan dyne per cm dalam cgs.
  • Tegangan muka terdapat pada batas cairan dengan uap jenuh diudara dan juga antara permukaan cairan dengan cairan lain yang tidak bercampur.
  • Metoda penentuan tegangan muka
  • Ada beberapa metoda penentuan tegangan muka, diantaranya adalah metida kanaikan pipa kapiler, metoda tekanan maksimum gelembung, metoda tetes atau metoda cincin.
Metoda kanaikan pipa kapiler.
Bila suatu pipa kapiler dimasukkan kedalam cairan yang membasahi dinding maka cairan akan naik kedalam kapiler karena adanya tegangan muka. Kenaikan cairan sampai pada suhu tinggi tertentu sehingga terjadi keseimbangan antara gaya keatas dan kebawah (persamaan 1) :

Gaya kebawah, F = p.r2.h.r.g

Dimana h : tinggi permukaan.
g : percepatan gravitasi.
r : berat jenis. r : jejari kapiler.

Persamaan (2) :

Gaya keatas, F’ = 2.p.r.g.cosq


Dimana : g adalah tegangan muka dan q adalah sudut kontak. Pada kesetimbangan, gaya kebawah sama dengan gaya keatas (dari persamaan 1 dan 2) :

2.p.r.g.cosq = p.r2.h.r.g
untuk air dan kebanyakan cairan organik umumnya q 0 atau dapat dianggap batas lapisan pararel dengan kapiler, sehingga......

Selengkapnya download file dibawah ini :

http://www.ziddu.com/download/13358767/TEGANGANPERMUKAANCAIRAN.doc.html
Related Posts Widget for Blogger

1 comment:

did not find what you were looking for? try "search article"